02 September 2008

AYO PINDAH KE LINUX

Free your mind.....

Memasuki bulan ramadhan ada baiknya kita mengurangi bekerja dengan software bajakan. Linux adalah salah satu alternatif OS yang halah karena gak usah beli tinggal donlot ajah ato tinggal ganti uang CD / DVD temen. Distro linux umumnya telah dilengkapi beberapa software yang dapat digunakan dalam berbagai keperluan misalnya:
  • untuk aplikasi office linux menyediakan program Open Office, KOffice, dll
  • untuk 3D grafis ada "blender" yang bisa kita gunakan
  • untuk Photo kita bisa menggunakan GIMP
  • untuk pemutar musik "Amarok" salah satu playernya
  • untuk pemutar video ada software kaffein, tapi untuk saya sendiri menggunakan software tambahan yaitu mplayer [player terbaik menurutku]
Banyak orang takut pake linux, ada yang bilang aneh, susah, gak support driver ato gak bisa jalanin game favorit. Mungkin gak semua mitos itu benar, karena linux sekarang memiliki interface yang mudah dimengerti meski saya sarankan untuk tahu perintah dasar dari DOS (Disk Operating System) karena linux masih lumayan sering memakai konsole yang mirip dengan DOS. Masalah driver sudah bisa diatasi karena sebagian besar perusahaan terkemuka misal pembuat kartu grafis sudah menyediakan driver untuk linux, dan untuk game ada beberapa game bawaan linux yang sudah lumayan bagus untuk dinikmati.

Tanpa kita sadari tiap hari (bagi saya selaku penghobi jejepangan) tak terhitung brapa file ilegal yang saya donlot, untuk mengurangi dosa istilahnya jangan selalu memakai software bajakan. Untuk langkah awal sebagai pembelajaran OS Linux buat menjadi dual OS dalam satu komputer.

PS : Mungkin himbauan ini gak begitu berguna bagi pengguna laptop yang sudah menyertakan bundle OS asli dalam harga pembelian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar